Introduction to OOP Concept
Hello everyone , today i'm gonna share some material about OOP ! Let check it out ^^
OOP atau Object Oriented Programming merupakan sebuah teknik untuk membuat pemrograman berorientasi objek.
Berbicara mengenai Object Oriented Programming tentu saja kita membahas mengenai Object.
Object merupakan entitas yang dapat dilihat di dunia nyata , seperti contoh : mobil , meja , murid , pekerja , dan lainnya. Namun , sebuah ide atau konsep atau gagasan juga dapat disebut sebagai objek, contohnya seperti Bank Account.Object dalam bahasa pemrograman tentu saja harus memiliki properties dan behavior/method.
Class adalah kumpulan dari data definiton dan methods untuk tujuan tertentu. Sedangkan Object adalah representasi dari class.
Rincian pelaksanaan dikemas dalam Method dan tersebunyi dari client yang memanggil method -> encapsulation or information hiding.
Inheritance
Pemrograman berorientasi objek memungkinkan user untuk mendapatkan kelas baru dari kelas yang sudah ada disebut Inheritance atau Pewarisan Sifat.
Inheritance dapat digunakan untuk menghindari redudansi, membuat sistem mudah untuk dipahami, dan mudah untuk di maintain. Cara mewariskan sifat dapat menggunakan extends. Kelas-kelas khusus mewarisi properti dan metode dari kelas umum.
Visibility modifier
1. Private
Hanya dapat diakses oleh kelas itu sendiri
2. Public
Bisa diakses dari luar kelas
3. Protected
Bisa diakses oleh kelas itu sendiri dan inheritance atau turunannya.
Setter and Getter
Setter digunakan untuk menginput nilai , sedangkan Getter digunakan untuk mengambil nilai.
Polymorphism
yaitu fungsi nya dioperate. Sehingga fungsi anak dan bapak nya harus sama , Namun yang di jalankan adalah fungsi dari anaknya.
Polymorphism ini banyak bentuk.
eg. Bapaknya memiliki fungsi -> jalan() , maka anaknya harus mempunyai fungsi -> jalan() .
That's all about what i have learned in my algorithm class ^^ .
Thankyou for Mr. Sky ^^
God Bless Us ^^
Name : Yunita Sari , Tan
Nim : 1701314034
Class : 32PAA
www.skyconnectiva.com www.binus.ac.id
OOP atau Object Oriented Programming merupakan sebuah teknik untuk membuat pemrograman berorientasi objek.
Berbicara mengenai Object Oriented Programming tentu saja kita membahas mengenai Object.
Object merupakan entitas yang dapat dilihat di dunia nyata , seperti contoh : mobil , meja , murid , pekerja , dan lainnya. Namun , sebuah ide atau konsep atau gagasan juga dapat disebut sebagai objek, contohnya seperti Bank Account.Object dalam bahasa pemrograman tentu saja harus memiliki properties dan behavior/method.
- Properties adalah sesuatu yang menciri-cirikan objek.
- Behavior adalah sesuatu yang meminta objek untuk melakukan suatu tindakan.
eg. vector v = new vector () ;
v dalam deklarasi tersebut merupakan object.
Class adalah kumpulan dari data definiton dan methods untuk tujuan tertentu. Sedangkan Object adalah representasi dari class.
Method Abstraction and Encapsulation
Method Abstraction diperoleh dari memisahkan penggunaan method dari pelaksanaannya.Client dapat menggunakan method tanpa mengetahui bagaimana hal tersebut diterapkan.Rincian pelaksanaan dikemas dalam Method dan tersebunyi dari client yang memanggil method -> encapsulation or information hiding.
Inheritance
Pemrograman berorientasi objek memungkinkan user untuk mendapatkan kelas baru dari kelas yang sudah ada disebut Inheritance atau Pewarisan Sifat.
Inheritance dapat digunakan untuk menghindari redudansi, membuat sistem mudah untuk dipahami, dan mudah untuk di maintain. Cara mewariskan sifat dapat menggunakan extends. Kelas-kelas khusus mewarisi properti dan metode dari kelas umum.
Visibility modifier
1. Private
Hanya dapat diakses oleh kelas itu sendiri
2. Public
Bisa diakses dari luar kelas
3. Protected
Bisa diakses oleh kelas itu sendiri dan inheritance atau turunannya.
Setter and Getter
Setter digunakan untuk menginput nilai , sedangkan Getter digunakan untuk mengambil nilai.
Polymorphism
yaitu fungsi nya dioperate. Sehingga fungsi anak dan bapak nya harus sama , Namun yang di jalankan adalah fungsi dari anaknya.
Polymorphism ini banyak bentuk.
eg. Bapaknya memiliki fungsi -> jalan() , maka anaknya harus mempunyai fungsi -> jalan() .
That's all about what i have learned in my algorithm class ^^ .
Thankyou for Mr. Sky ^^
God Bless Us ^^
Name : Yunita Sari , Tan
Nim : 1701314034
Class : 32PAA
www.skyconnectiva.com www.binus.ac.id
Comments
Post a Comment